Thursday, December 29, 2011

sampah nyampah

lantai kotor, bangku 'anget' dan angin gede--> pemandangan yg biasa kita temukan pas masuk ke mikrolet..

nah sore ini stelah cape pulang klinik, ada pemandangan plus-plus di mikrolet pas liat yang duduk di depan gw deket pintu adalah seorang cewe yang sedang cemal cemil dengan sekantong kresek item yang isinya gw perkirakan adalah rujak.. stelah suapan kesekian, dia mulai meremas kresek yang tadi dia pegang beserta isinya... saat itu kondisi jalanan lagi padat merayap.. ya... maklumlah jam pulang kantor dan posisinya lagi deket lampu merah.. pasa saat itu tiba2 tu cewe dengan santainya dan dengan mulut masih penuh makanan, membuang kresek dan isinya tadi ke jalanan...

arrrgghh,, gw kesel banget liatnya.. dan lebih kesel lagi ktika sadar
"knapa gw ga negur dia dan hanya menatapi slow motion adegan buang sampah????"

.......
heran deh knapa sih orang masih suka buang sampah sembarangan?? giliran banjir, pemerintah yang disalahin karena kurang merawat kali lah, pendangkalan kali akibat sampah lah, tersumbatnya saluran air (aka got), dll.. dimana sih kesadaran masyarakat kita?? knapa kita jadi bangsa yang cuma bisa saling menyalahkan?? mana nilai gotong royongnya?? --> ok yang ini aga salah fokus walau nyambung..hehe

well, gw juga bukan orang yang hapal hapal banget masalah peraturan, tapi gw emang tau sih ada peraturan yang menyebutkan kl buang sampah sembarangan akan kena denda (ayo dong sadar, ini tuh bukan buat nyari mangsa, tapi ini udah maksa peraturannya krn kebanyakan orang skarang lebih takut kalo dimintain duit daripada dihukum!!) ok deh kl mau nyalahin masih banyak org indonesia yang tingkat pendidikannya rendah, tapi kl dikasih gambar harusnya ngerti dong...





bagi orang yang kurang beruntung krn masih juga ga ngerti ini gambar apa.. mungkin mereka mikirnya ini gambar orang lagi siap2 jemur baju kali ya..

skarang gw malah jadi inget adu mulut gw sama mantan supir.. waktu itu dia lagi jemput gw pulang skolah,.. dari lagak nya aja udah nyebelin, nyetel lagu dangdut remix dgn volume gede, dan dengan lagak bos dia buka kotak permen yg ada di mobil (ini adegannya gw merhatiin aja dari bangku blakang..udah terlanjur kesel.. mau ngomel juga males..) stelah dimakan isinya, dia buka jendela mobil... santai tapi pasti tu bungkus permen bergulir ke jalanan...

"om, itu knapa kacanya dibuka?"
"buang sampah, mba" --> jawaban super santai sambil doi goyang2 kpala mengikuti irama si dangdut remix yang bahkan ga dipelanin suaranya..
"diajarin sama siapa buang sampah ke jalan?" ini gw udah super sinis dan malah membuat situasi hening kcuali bunyi dangdut **tetep radio disalahin.hehe**



"emang knapa mba kl saya buang sampah sembarangan? toh ga akan bikin banjir"--> wah ngajakin ribut ni supir. nada bicara gw pun jadi melambat dengan penekanan pada tiap kata


"ooom, tau ga knapa jakarta bisa banjir mulu? coba skarang liat ke pinggir kali, banyak sampah ga disana?" (pas banget gw lagi lewatin kali di bukitduri situ)

"iya sih mba, saya tau banjir tuh karena banyak sampah di kali. tapi saya kan tadi buang sampah ke jalan dan cuma bungkus permen, ga bakal banjir cuma gara-gara bungkus permen yang saya buang" -->makin gemes nih gw denger jawaban gini.. padahal dia lulus SMA lho..

"coba, dalam 1 hari om makan permen brapa? lalu kl misalnya ada 5 permen, lalu smua orang berpikiran sama kya om. trus buang sampah sembarangan kya om tiap hari, coba deh kaliin sama jumlah penduduk jakrta. kira2 jakarta tenggelem ga?? pernah denger ga kl segala sesuatu dimulai dari yang kecil?? sampah yg tadi om buang, bisa bikin orang skitar sini kena banjir, sedangkan rumah om ngga.. itu namanya merugikan orang lain bukan??........" gini nih kl udah smangat ceramah.. hehe.. bahkan slama perjalanan bukitduri-matraman gw masih ngomel. sementara itu bungkus permen berikutnya yang dia makan, gw suruh sakuin sedangkan dangdut gw biarin aja deh, mending gw pura2 tidur selama sisa perjalanan... **dalam hati ternyata ikut menikmati..haha

jadi....
ayo dong smuanya.. siapapun, biasakan diri dong buang sampah pada tempatnya.. bukankah kebersihan itu sbagian dari iman? atau itu hanya sebatas slogan?


4 comments:

  1. ayo model model gips yg gak dipake lagi mau buang ke mana ayoooo...haha

    ReplyDelete
  2. dipecah2 terus di tanam di kebun.. atau buat isi pot bunga spy tanemannya bisa tumbuh bagus dan pot nya nggak terbang kalau ketiup angin :P

    ReplyDelete
  3. gw patah2in giginya, gw jadiin kalung jimat.. hahhaa

    ReplyDelete
  4. hmm, mungkin peraturan di sini gak ketat ya..
    coba di singapura, ngeludah aja kena denda..

    ~CMIIW

    ReplyDelete